
Panduan optimisasi SEO Shopee yang tepat adalah kunci meningkatkan visibilitas toko Anda di Shopee. Tanpa tips tersebut, Anda mungkin hanya fokus mengunggah foto-foto produk saja tanpa memperhatikan aspek lainnya. Padahal, banyak sekali yang perlu dioptimalkan jika ingin toko lebih visible atau terlihat.
Mulai dari menemukan kata kunci yang ideal, mengunggah konten berkualitas, hingga merapikan kategori produk. Tanpa berlama-lama, mari simak berbagai tips agar visibilitas toko serta produk Anda di Shopee meningkat berikut ini!

Tips Meningkatkan Visibilitas Toko dan Produk Melalui SEO
SEO Shopee dengan SEO website kini perbedaannya cukup tipis. Anda bisa menerapkan tutorial optimasi SEO Shopee di bawah ini jika menginginkan toko tampil di halaman pertama dan naik penjualannya:
1. Temukan Kata Kunci yang Sesuai untuk Toko Anda
Pertama, pastikan Anda menemukan kata kunci atau keyword yang cocok dan sesuai dengan toko Anda di Shopee. Pilih kata maupun frasa yang kemungkinan target konsumen gunakan untuk menemukan produk jualan Anda.
Kata atau frasa tersebut kemudian bisa Anda jadikan acuan agar menemukan lebih banyak keyword lain yang berhubungan. Caranya cukup mudah, yakni melalui rekomendasi pencarian.
Anda tinggal mengetikkan kata kunci utama, lalu lihat apa saja rekomendasi kata kunci yang muncul di kolom penelusuran Shopee.
Sebagai contoh, kata kunci utama Anda adalah ‘sepatu wanita’. Saat Anda memasukkannya ke kolom penelusuran, maka rekomendasi kata kunci yang muncul seperti ‘sepatu wanita korea’, ‘sepatu wanita kekinian’, serta ‘sepatu wanita hitam’.
Tinjaulah produk serupa tersebut untuk mengamati bagaimana kompetitor memberi deskripsi atau nama produknya.
2. Tambahkan Kata Kunci yang Sesuai dengan Informasi Toko dan Produk Anda
Apabila telah menemukan kata kunci yang ideal untuk bisnis Anda, kini saatnya mengoptimalkan toko serta produk yang Anda jual. Tambahkan kata kunci yang cocok dan sesuai untuk dimasukkan dalam informasi toko serta produk.
Untuk menambahkan informasi toko dan juga produk, sebaiknya lakukan panduan optimasi SEO Shopee di bawah ini:
- Mencantumkan istilah ‘toko online’ serta ‘Official Shop’ pada nama toko Anda;
- Menyebutkan lokasi serta asal pengiriman toko;
- Menambahkan detail seperti jam operasional toko;
- Memasukkan kata kunci pada deskripsi toko yang berhubungan dengan produk jualan Anda.
Namun, ingat untuk tidak melakukan spam keyword serta menggunakan hashtag, emoji, maupun simbol pada deskripsi toko.
3. Konten Produk Berkualitas
Selanjutnya, pastikan Anda membuat konten yang berkualitas untuk mempromosikan produk. Untuk membuatnya menarik dan mudah dicari calon pembeli, Anda sebaiknya menambahkan berbagai elemen seperti:
- Judul atau nama produk;
- Deskripsi produk yang mengandung kata kunci relevan;
- Gambar atau foto produk yang bagus dan jelas;
- Hashtag menyesuaikan target konsumen;
- Atribut produk dan toko.
Apabila informasi mengenai kualitas produk tercantum lengkap serta sesuai poin-poin di atas, maka Shopee berpeluang merekomendasikan produk maupun toko Anda agar berada di halaman pertama.
4. Berikan Deskripsi Toko yang Baik
Untuk membantu toko Anda mendapat hasil penelusuran yang baik, lengkapi deskripsi toko secara detail. Tutorial optimasi SEO Shopee ni memudahkan algoritma mengenali serta mengindeks toko Anda melalui mesin pencari.
Anda dapat menambahkan informasi seperti alamat toko, jenis toko, cara pengiriman produk, serta promo-promo yang sedang berlangsung.
5. Mempromosikan Produk Anda ke Media Sosial
Anda melewatkan jalan pintas untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan toko jika tidak mempromosikannya ke media sosial. Terlebih mengingat media sosial, seperti TikTok dan Instagram, kini layaknya ‘Google kedua’ bagi Gen Z.
Hal tersebut terbukti dari hasil survei oleh SOCi yang menyatakan bahwa 67% memilih Instagram dan 62% memilih TikTok sebagai platform pencarian mereka.
Damian Rollison, seorang direktur bagian pemasaran di SOCi, memaparkan bahwa kehadiran kuat di media sosial membuat platform tersebut krusial bagi pelaku bisnis jika ingin menguasai pangsa pasar di kelompok konsumen muda.
Artinya, Anda wajib menjadikan media sosial sebagai sarana promosi toko dan produk di Shopee jika target konsumennya anak muda. Unggah konten promosi di TikTok atau Instagram, lalu tautkan link menuju produk atau toko Shopee Anda agar traffic serta visibilitasnya meningkat.
6. Rating dan Jumlah Produk Laku
Panduan optimasi SEO Shopee berikutnya adalah memaksimalkan rating toko maupun produk serta jumlah produk yang laku. Apabila toko dan juga produk Anda memiliki rating sebanyak bintang 4 sampai bintang 5, maka visibilitas toko dan produk bisa meningkat.
Sebab, potensi untuk tampil pada halaman pertama pun lebih besar. Khususnya jika produk yang Anda jual telah laku ribuan pieces. Hal tersebut turut andil untuk membantu toko dan produk di Shopee semakin tinggi visibilitasnya.
7. Status Toko atau Reseller
Memiliki status toko berupa ‘Star Seller’ atau ‘Star+’ adalah tips lain yang meningkatkan peluang toko Anda bertambah visibilitasnya. Tips ini memang belum begitu diketahui, tetapi sangat signifikan pengaruhnya di hasil penelusuran Shopee.
Apabila toko Anda memiliki status tersebut, kemungkinan toko muncul karena traffic organik. Sementara itu, status toko berupa ‘Shopee Mall’ direkomendasikan oleh algoritma Shopee saat Anda menambahkan keyword seperti ‘original’ serta ‘ori’.
8. Kategori Produk
Satu lagi tutorial optimasi SEO Shopee yang perlu Anda terapkan, yakni mengoptimalkan kategori produk Anda. Kategori produk sering dilupakan oleh para seller (penjual) dan sering dibuat tanpa menyesuaikan traffic.
Sedangkan, mengunggah produk ke kategori yang tepat memudahkan pembeli menemukan produk Anda. Tempatkan produk ke Kategori yang benar, lalu aplikasikan juga ke Sub Kategori serta Kategori Tingkat 3 bila diperlukan.
Anda pun bisa menghemat waktu dengan memasukkan kata kunci untuk mengalokasikan produk ke kategori yang tepat dengan cepat.
Baca Juga: Mau Website Anda Rangking #1, Inilah Cara Optimasi SEO Website
Manfaat Memaksimalkan SEO di Shopee
Kini, Anda mengetahui apa saja panduan optimasi SEO Shopee yang dapat diterapkan untuk memaksimalkan performa toko di platform e-commerce tersebut. Lalu, apa saja manfaat dari melakukannya? Berikut beberapa manfaat utama yang akan Anda rasakan:
1. Peningkatan Visibilitas Toko dan Produk
Pertama, Anda akan mengalami kenaikan kunjungan toko serta produk yang berasal dari mesin pencari. SEO memudahkan toko dan produk Anda di Shopee menjangkau pengguna potensial dari berbagai daerah.
Termasuk memudahkan toko dan juga produk Anda ditemukan di halaman penelusuran Shopee saat calon pembeli mencari kata kunci produk terkait.
2. Traffic Toko Bertambah
Ketika toko maupun produk Anda sering ditemukan oleh pelanggan, maka algoritma pun akan sering menampilkannya pada mesin pencari. Manfaatnya, traffic toko pun terus bertambah.
Apabila traffic bertambah terus, ini menjadikan merek Anda lebih dikenal dan peluang konversi meningkat lebih besar.
3. Pembelian Produk Meningkat
Traffic bertambah artinya kunjungan ke toko atau halaman produk pun meningkat. Potensi pembelian produk naik pun lebih mungkin terjadi. Anda pun bisa optimalkan SEO dengan menambahkan visual pendukung seperti foto yang menarik serta deskripsi produk yang rinci.
Untuk Anda yang sibuk dan tidak punya cukup waktu mengelola toko online di Shopee, tenang! InfiniSEO hadir memberikan solusi efektif dan efisien agar visibilitas toko serta produk di Shopee meningkat. Kami mampu menerapkan tutorial optimisasi SEO Shopee untuk mengoptimasi toko Anda di pencarian. Pengalaman sebagai mitra digital marketing profesional di bawah naungan Essentials yang berdiri sejak 2014 menjamin hasil optimal untuk kesuksesan bisnis Anda. Hubungi InfiniSEO sekarang!