Bagi siapapun yang memiliki toko online di Tokopedia, pastinya ingin agar toko onlinenya bisa muncul di pencarian teratas. Hal ini ternyata bisa dicapai jika kamu menerapkan Tokopedia SEO.
Selain mampu meningkatkan visibilitas toko online, menerapkan SEO di marketplace seperti Tokopedia juga akan berpotensi menarik lebih banyak konsumen. Singkatnya, ini adalah cara yang mumpuni untuk meningkatkan penjualan. Lalu, bagaimana strategi yang tepat dalam menerapkan SEO di Tokopedia? Mari ikuti keseluruhan tipsnya berikut ini!

Strategi SEO di Tokopedia
Bukan hanya di blog, ternyata SEO juga bisa diterapkan di marketplace. Nah, bila kamu baru tahu fakta ini, pasti akan bertanya-tanya apa itu SEO dalam marketplace? Secara sederhana, SEO di marketplace adalah langkah strategis untuk mencapai target penjualan toko online.
Menerapkan SEO di marketplace seperti Tokopedia dinilai penting. Hal ini karena setiap e-commerce punya standar tersendiri dalam listing produk.
Strategi yang perlu diterapkan juga lebih kompleks dibandingkan dengan SEO blog. Itulah mengapa optimasi Tokopedia SEO membutuhkan perhatian khusus bila kamu ingin meningkatkan jumlah kunjungan hingga penjualan.
Optimasi SEO untuk Halaman Produk Tokopedia
Meskipun strategi dalam optimasi SEO produk di Tokopedia bisa dibilang rumit, itu bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Di bawah ini adalah 5 langkah yang akan membantumu mengoptimalkan halaman produk Tokopedia.
1. Riset Keyword atau Kata Kunci yang Tepat
Dengan menggunakan kata kunci yang tepat, produk kamu akan lebih mudah ditemukan di Tokopedia. Untuk itu, perlu dilakukan riset keyword dengan mempertimbangkan jumlah pencarian, intensitas kata kunci, hingga tingkat kompetisi.
Ada beberapa tools yang berguna dalam riset kata kunci. Contohnya, Ahrefs, Semrush, dan Google Trends. Selain itu, Tokopedia juga menyediakan fitur Wawasan Pasar yang juga bisa kamu manfaatkan. Semua kata kunci yang relevan dengan produk itu nantinya bisa kamu cantumkan dalam judul dan deskripsi produk, slug, dan meta description.
2. Nama Toko yang Relevan dan Deskripsi Toko yang Lengkap
Nama toko online yang unik dan mudah diingat umumnya akan lebih menarik minat konsumen. Sebagai langkah efektif optimasi Tokopedia SEO, pastikan untuk menggunakan nama yang orisinil, tidak meniru merek dagang dari orang lain.
Tak kalah penting, nama toko yang bersifat deskriptif atau yang bisa menjelaskan mengenai kategori produk yang dijual juga akan lebih mudah diingat. Berikutnya, kamu bisa mengoptimalkan deskripsi toko online.
Cantumkan deskripsi yang informatif agar konsumen mempelajari tentang toko kamu. Misalnya, dengan menambahkan lokasi, jam operasional, dan ketentuan penting toko.
3. Menulis Halaman Produk yang SEO-Friendly
Kaidah SEO perlu diperhatikan ketika kamu menulis halaman produk di Tokopedia. Mulai dari judul hingga deskripsi, tuliskan secara relevan dengan produk. Ini berguna agar mesin pencari lebih mudah memahami isi halaman produk kamu. Dengan begitu, konsumen juga akan mudah menemukan produk yang kamu jual.
Dalam mengoptimalkan judul produk, disarankan untuk menghindari penggunaan simbol dan emoticon. Kemudian, ada baiknya untuk menambahkan spesifikasi produk secara singkat terkait model, ukuran, maupun warna.
4. Optimasi Visual Produk
Mengoptimalkan visual produk tidak kalah penting untuk dilakukan dalam strategi Tokopedia SEO. Visual yang menarik tentu akan meningkatkan potensi ketertarikan konsumen. Foto yang jernih juga memungkinkan calon konsumen melihat produk dengan lebih detail.
Kamu juga bisa menambahkan video produk agar meyakinkan calon konsumen. Namun, pastikan video yang dipakai menarik dan punya resolusi yang jelas.
5. Menambah Tautan Produk atau Backlink yang Relevan
Tautan dari situs web lain yang bisa mengarah ke toko kamu atau dikenal dengan backlink disebut-sebut memiliki banyak manfaat. Pasalnya, backlink menjadi faktor krusial yang dipertimbangkan mesin pencari dalam mengindeks toko kamu.
Apabila semakin banyak link yang mengarah ke produk kamu, semakin besar pula traffic toko kamu. Alhasil, itu akan bisa meningkatkan peringkat tokomu dalam hasil pencarian.
Tips Strategi SEO di Tokopedia
Untuk semakin memperbesar keberhasilan strategi Tokopedia SEO kamu, ada beberapa tips lanjutan yang perlu kamu terapkan. Tips-tips berikut akan memandu kamu dalam menulis deskripsi produk dan PAA. Mari simak selengkapnya!
1. Tips Menulis Deskripsi Produk
Tokopedia memiliki standar khusus untuk penulisan deskripsi produk. Penjelasan diharuskan sedetail mungkin minimal 200 huruf. Gunakan kata kunci yang relevan hasil riset yang sudah kamu lakukan. Namun, jangan sampai terlalu banyak menggunakan kata kunci tersebut hingga mengakibatkan spam.
Agar deskripsi produk kamu jadi lebih lengkap, cobalah untuk menambahkan komponen-komponen penting, di antaranya:
- Bahan atau material produk;
- Waktu pembuatan dan kadaluarsa;
- Cara pemakain produk;
- Keunggulan produk;
- Variasi produk;
- Garansi produk.
Dengan menambahkan informasi tersebut, kepercayaan calon konsumen akan lebih meningkat terhadap produk dan toko online kamu.
2. Tips Menulis Deskripsi Produk PAA
People Also Ask atau PAA adalah daftar pertanyaan yang sering dicari oleh pengguna internet mengenai sesuatu hal. Misalnya, ketika kamu mengetikkan kata kunci tertentu di mesin pencari seperti Google.
Lalu, hasil pencarian akan muncul disertai dengan berbagai pertanyaan atau PAA. Umumnya, Google akan menampilkan 5-7 pertanyaan PAA. Dari daftar pertanyaan tersebut, kamu bisa memilih beberapa pertanyaan untuk dimasukkan dalam deskripsi produk.
Akan tetapi, jangan memilih pertanyaan yang tidak relevan dengan produk. Hal itu bisa menyebabkan strategi Tokopedia SEO kamu tidak akan efektif.
Cara Sederhana Optimasi PAA
Dalam menerapkan optimasi PAA di Tokopedia, ada 4 langkah sederhana yang perlu kamu lalui. Keempat langkah tersebut diantaranya:
- Lakukan riset PAA terkait dengan kata kunci produk;
- Pilih pertanyaan yang sesuai dengan produk;
- Buatlah daftar pertanyaan;
- Cantumkan daftar pertanyaan dan jawaban di deskripsi produk.
1. Informasi Penting Terkait PAA Berikut Ini
Ketika menggunakan PAA untuk optimasi Tokopedia SEO, kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting berikut ini:
- Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar;
- Jangan memasukkan pertanyaan yang tidak ada hubungannya dengan produk;
- Sertakan 2-3 pertanyaan PAA di deskripsi produk;
- Pilih pertanyaan dengan jumlah 3-4 kata atau format long tail;
- Hindari penggunaan singkatan dan simbol yang membingungkan.
Baca Juga: Inilah 11 Cara Optimasi Video di Tiktok Secara Organik
Infiniseo Membantu Kamu Memaksimalkan SEO Tokopedia Kamu!
Menjadi seller di e-commerce seperti Tokopedia memang susah-susah gampang. Apalagi jika kamu mengerjakan segalanya sendiri tanpa bantuan tim atau siapa pun. Namun, kamu tidak perlu pusing jika sedang dalam fase ini.
Sebagai jasa SEO yang berpengalaman, Infini SEO akan membantu memaksimalkan Tokopedia SEO kamu, memberikan strategi yang akan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Ingin produk atau jasa kamu banyak dikenal oleh banyak orang? Atau produk atau jasa kamu laku di Tokopedia secara luas dan tepat sasaran. Hubungi infiniseo.id!
